Jumat, 13 November 2020

Hubungan Keakraban Kakek dan Nenek

Sama seperti menjadi orang tua, menjadi kakek-nenek adalah peran yang sulit tetapi sangat bermanfaat. Jika Anda baru saja memiliki cucu, wajar jika anak Anda (orang tua baru) akan banyak meminta bantuan, nasihat, dan dukungan. Mereka memang membutuhkan Anda untuk berada di sana, tetapi jangan kecewa jika mereka tidak menunjukkan antusiasme yang Anda harapkan. Ingat, menjadi orang tua baru membutuhkan banyak kemudahan.

Waktu telah berubah dan begitu pula gaya pengasuhan. Cobalah untuk tidak menilai keputusan besar dan kecil yang dibuat anak Anda terkait dengan anak mereka sendiri. Meskipun Anda tidak setuju dengan sesuatu, jangan memaksakan pendapat Anda pada orang tua baru. Anda dapat dengan ringan menawarkan nasihat, tetapi sebaliknya, beri mereka dukungan dan penghargaan atas upaya mereka. Ingat, tugas Anda adalah menjadi kakek nenek, bukan orang tua.

Mereka mengatakan bahwa perbedaan menjadi seorang kakek nenek adalah bahwa apa yang mereka lakukan untuk cucu mereka adalah pilihan, bukan kewajiban. Orang tua baru akan membutuhkan semua bantuan yang mereka bisa dapatkan, terutama selama beberapa bulan pertama. Anda dapat menawarkan waktu Anda ketika Anda punya waktu bermain bersama anak tetapi belajarlah untuk mengatakan tidak - jangan merasa berkewajiban untuk menghabiskan seluruh waktu Anda bersama mereka. Hal yang sama berlaku untuk hadiah dan keuangan Anda.

Kedua kakek nenek merasa bahagia saat anggota keluarga baru tiba; dan banyak yang menjadi kompetitif berpikir "Saya adalah nenek yang lebih baik" atau "bayi seperti saya lebih dari kakek-nenek lainnya." Hindari berpikir seperti ini - itu hanya akan membuat anak Anda merasa terisolasi dan cucu Anda tidak nyaman. Bayangkan saja bahwa semakin banyak orang dewasa yang peduli dan penuh kasih dalam kehidupan seorang anak, semakin baik dia akan tumbuh.

Setelah beberapa tahun, cucu Anda akan mulai lebih sering mengunjungi Anda di rumah dan bahkan mulai bermalam di sana. Anda mungkin memiliki aturan yang berbeda di rumah Anda terkait dengan anak-anak, tetapi jangan pernah mengabaikan aturan orang tua mereka di rumah. Jika mereka tidak diperbolehkan membeli permen setelah jam 7 di rumah maka jangan berikan kepada Anda dan rahasiakan agar Anda terlihat keren. Hormati aturan rumah mereka.