Sabtu, 31 Oktober 2020

Tentang Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu. Sosiolog tidak menggunakan gelas kimia dan tabung reaksi, tetapi seperti ilmuwan alam, mereka mencoba mempelajari dunia dengan membuat teori dan mengujinya dengan pengamatan sistematis.

Apa yang membuat sosiologi begitu menarik dan menantang adalah subjeknya: dunia sosial. Masyarakat itu besar, dan sangat kompleks: ada jawaban untuk pertanyaan sosiologis, tetapi biasanya tidak mudah. Terlepas dari tantangan menjawab pertanyaan sosiologis, ada tantangan untuk menanyakannya - yaitu, memikirkan masyarakat sebagai subjek studi ilmiah yang obyektif. Kakek Anda dan menteri Anda dan orang-orang yang bekerja di kedai kopi lokal Anda mungkin tidak memiliki pendapat tentang bagaimana atom harus dan tidak boleh terikat satu sama lain, tetapi mereka pasti semua memiliki pendapat tentang bagaimana masyarakat harus diatur. Mempelajari masyarakat secara ilmiah berarti mengesampingkan - untuk saat ini - pemikiran Anda tentang bagaimana masyarakat seharusnya bekerja.

Namun, begitu Anda melakukannya, Anda dapat mempelajari beberapa hal menakjubkan tentang dunia. Prestasi para sosiolog merupakan salah satu prestasi besar umat manusia karena dalam sosiologi, masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat bersatu padu untuk memahami masyarakat secara obyektif - sehingga dalam jangka panjang dapat berjalan lebih baik bagi semua orang. Apa yang dilihat oleh sosiolog ketika mereka memandang masyarakat tidak selalu indah, tetapi fakta itu membuat sosiologi menjadi lebih penting: Sama seperti Anda perlu mengetahui cara kerja mobil sebelum dapat memperbaikinya, Anda perlu memahami cara kerja masyarakat sebelum Anda dapat mengubahnya.

Sosiolog mempelajari banyak hal - pada kenyataannya, mereka mempelajari hampir semua hal yang berkaitan dengan orang yang berinteraksi dengan mereka - yang berarti bahwa banyak dari apa yang dipelajari oleh sosiolog juga dipelajari oleh orang-orang yang tidak menganggap diri mereka sebagai sosiolog. Apa yang istimewa tentang sosiologi adalah kenyataan bahwa ia melibatkan studi tentang semua hal ini bersama-sama, tidak hanya beberapa di antaranya secara terpisah. Fakta bahwa sosiolog mempertimbangkan semua aspek dunia sosial bersama-sama berarti mereka dapat memahami hubungan yang tidak dapat dilihat oleh mereka yang mempelajari hanya sebagian dari dunia sosial.

Merupakan bagian dari tugas sosiolog untuk menangani topik hangat, dan beberapa sosiolog telah membuat argumen yang sangat kontroversial. Dalam mempelajari sosiologi, Anda perlu bersiap untuk beberapa ide yang mungkin tidak Anda setujui - mungkin sangat tidak setuju -. Agama adalah cara untuk membuat orang memberi Anda uang, dan tidak memiliki tujuan konstruktif lainnya. Jenis pemerintahan yang paling efektif adalah kediktatoran di mana orang-orang terpintar memerintah. Masyarakat bekerja paling baik ketika wanita tinggal di rumah untuk memasak dan membersihkan sementara pria pergi keluar dan mencari uang.